Yeremia 10:12-16
Konteks10:12 Tuhanlah yang menjadikan p bumi q dengan kekuatan-Nya, yang menegakkan dunia dengan kebijaksanaan-Nya, r dan yang membentangkan langit s dengan akal budi-Nya. 10:13 Apabila Ia memperdengarkan t suara-Nya, menderulah bunyi air di langit, Ia menaikkan kabut awan dari ujung bumi, Ia membuat kilat u serta dengan hujan, v dan mengeluarkan angin dari perbendaharaan-Nya. w 10:14 Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu x karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, y tidak ada nyawa di dalamnya, 10:15 semuanya adalah kesia-siaan, z pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum. 10:16 Tidaklah begitu Dia yang menjadi bagian a Yakub, sebab Dialah yang membentuk segala-galanya, b dan Israel adalah suku milik-Nya; c nama-Nya d ialah TUHAN semesta alam!
Yeremia 32:17
Konteks32:17 Ah, Tuhan ALLAH! g Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi h dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu i yang terentang. Tiada suatu apapun yang mustahil j untuk-Mu!
Kejadian 1:1-6
KonteksMazmur 107:25
Konteks107:25 Ia berfirman, h maka dibangkitkan-Nya angin badai i yang meninggikan gelombang-gelombangnya. j
Mazmur 146:5-6
Konteks146:5 Berbahagialah orang k yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, l yang harapannya pada TUHAN, Allahnya: 146:6 Dia yang menjadikan langit m dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia n untuk selama-lamanya,
Mazmur 148:1-5
KonteksYesaya 40:26
Konteks40:26 Arahkanlah matamu ke langit w dan lihatlah: siapa yang menciptakan x semua bintang itu 5 dan menyuruh segenap tentara y mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekaliannya? Satupun tiada yang tak hadir, z oleh sebab Ia maha kuasa dan maha kuat. a
Kisah Para Rasul 14:15
Konteks14:15 "Hai kamu sekalian, mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini adalah manusia h biasa sama seperti kamu. Kami ada di sini untuk memberitakan Injil i kepada kamu, supaya kamu meninggalkan perbuatan sia-sia j ini dan berbalik kepada Allah yang hidup, k yang telah menjadikan langit dan bumi, l laut dan segala isinya. m
Kisah Para Rasul 17:24
Konteks17:24 Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, m Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, n tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan o manusia,
Roma 1:20
Konteks1:20 Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya q sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih. r
Kolose 1:16-17
Konteks1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu 6 , yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; l segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. m 1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu n dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
Ibrani 1:2-3
Konteks1:2 maka pada zaman akhir d ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, e yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak f menerima segala yang ada. Oleh Dia g Allah telah menjadikan alam semesta. h 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan i Allah dan gambar wujud j Allah dan menopang segala yang ada k dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, l Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar 7 , di tempat yang tinggi, m
Wahyu 4:11
Konteks4:11 "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; m sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan. n "
[1:1] 1 Full Life : PADA MULANYA ALLAH MENCIPTAKAN.
Nas : Kej 1:1
"Pada mulanya" di sini adalah tegas dan mengarahkan perhatian kepada suatu permulaan yang nyata. Agama-agama kuno lainnya ketika membicarakannya menunjukkan bahwa penciptaan itu dilaksanakan dengan sesuatu yang sudah ada. Mereka melihat sejarah sebagai siklus kejadian yang berulang-ulang terus. Alkitab memahami sejarah sebagai satu garis lurus dengan arah yang ditetapkan oleh Allah. Allah mempunyai rencana dalam penciptaan, dan itu akan diwujudkan-Nya. Untuk ulasan mengenai Allah dan peranan-Nya selaku Pencipta,
lihat art. PENCIPTAAN.
Berbagai implikasi muncul dari kebenaran yang dinyatakan oleh ayat Alkitab yang pertama.
- 1) Karena Allah adalah sumber dari segala sesuatu yang ada, manusia dan alam tidak berdiri sendiri, tetapi menerima keberadaan dan kelangsungannya dari Dia.
- 2) Seluruh keberadaan dan hidup adalah baik jikalau terkait secara benar dengan-Nya dan bergantung pada-Nya.
- 3) Seluruh hidup dan ciptaan dapat penuh makna dan arti selalu.
- 4) Allah memiliki hak berdaulat atas seluruh ciptaan karena Dia Penciptanya. Di dalam dunia yang telah jatuh, Allah menuntut hak-hak-Nya melalui penebusan (Kel 6:6; 15:13; Ul 21:8; Luk 1:68; Rom 3:24; Gal 3:13; 1Pet 1:18).
[1:2] 2 Full Life : BUMI BELUM BERBENTUK DAN KOSONG.
Nas : Kej 1:2
Ayat ini menggambarkan baik proses yang dipakai Allah dalam mencipta maupun peranan Roh Kudus dalam penciptaan
(lihat art. PENCIPTAAN).
[1:3] 3 Full Life : JADILAH TERANG.
Nas : Kej 1:3
Kata Ibrani untuk "terang" ialah _'or_ yang menunjuk kepada gelombang-gelombang energi terang yang mula-mula mendatangi bumi. Allah kemudian menempatkan "benda-benda penerang" (Ibr. _ma'or_ secara harfiah, pembawa terang, ayat Kej 1:14) di cakrawala sebagai pembangkit dan pemantul cahaya secara tetap dari gelombang-gelombang cahaya. Maksud utama dari benda-benda penerang itu ialah menjadi tanda-tanda musim, hari, dan tahun (ayat Kej 1:5,14). Untuk ulasan mengenai peranan sabda atau ucapan Allah dalam penciptaan
lihat art. PENCIPTAAN.
[1:5] 4 Full Life : JADILAH PETANG DAN JADILAH PAGI, ITULAH HARI PERTAMA.
Nas : Kej 1:5
Sebutan ini diulang enam kali dalam pasal ini (Kej 1:5,8,13,19,23,31). Kata Ibrani untuk hari adalah _yom_. Biasanya kata ini artinya suatu hari sepanjang 24 jam (bd. Kej 7:17; Mat 17:1), atau bagian siang dari suatu hari ("hari" sebagai lawan dari "malam"). Tetapi kata ini bisa juga dipakai untuk jangka waktu yang tidak tentu (mis: "musim panen," Ams 25:13). Banyak orang percaya bahwa hari-hari penciptaan merupakan hari dalam arti 24 jam karena digambarkan sebagai terdiri atas "petang" dan "pagi" (ayat Kej 1:5; bd. Kel 20:11). Yang lain percaya bahwa "petang" dan "pagi" hanya berarti bahwa suatu petang mengakhiri tahap penciptaan tersebut dan keesokan paginya merupakan awal yang baru lagi.
[40:26] 5 Full Life : SIAPA YANG MENCIPTAKAN SEMUA ... ITU?
Nas : Yes 40:26
Lihat art. PENCIPTAAN.
[1:16] 6 Full Life : DI DALAM DIALAH TELAH DICIPTAKAN SEGALA SESUATU.
Nas : Kol 1:16
Paulus menegaskan kegiatan Kristus dalam penciptaan.
- 1) Segala sesuatu, baik yang bendawi maupun yang rohani, telah ada karena karya Kristus sebagai pelaksana yang aktif dalam penciptaan (Yoh 1:3; Ibr 1:2).
- 2) Segala sesuatu tetap bersatu dan terpelihara di dalam Dia (ayat
Kol 1:17; Ibr 1:3;
lihat art. PENCIPTAAN).
[1:3] 7 Full Life : IA DUDUK DI SEBELAH KANAN YANG MAHABESAR.
Nas : Ibr 1:3
Setelah menyediakan pengampunan dosa-dosa kita melalui kematian-Nya di kayu salib, Kristus mengambil kedudukan yang penuh kekuasaan di sebelah kanan Allah. Kegiatan penebusan yang dilakukan Kristus di sorga meliputi pelayanan-Nya sebagai perantara ilahi (Ibr 8:6; 13:15; 1Yoh 2:1-2), imam besar (Ibr 2:17-18; 4:14-16; 8:1-3), juru syafaat (Ibr 7:25) dan pembaptis dengan Roh (Kis 2:33).